Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Tcon Dan Fungsinya

CARA MEMAHAMI TCON DAN FUNGSINYA UNTUK PEMULA,  Untuk para teknisi yang jam terbangnya sudah tinggi atau yang sudah profesional di dunia repair televisi LCD/LED mungkin bisa abaikan artikel ini tapi bagi yang masih pemula dan masih sama-sama baru belajar repair televisi LCD/LED mari simak pembahasan tentang modul yang bernama Tcon ini, siapa tahu bisa menambah pengetahuan,



Modul Tcon standard secara umum terdiri dari 

• IC Multi Psu.  
Befungsi membangkitkan macam-macam tegangan dari Vcc input menjadi bermacam-macam tegangan yang dibutuhkan pada ic-ic yang terdapat modul Tcon, seperi AVdd, Vgh, Vgl, Vdd, Vcom. Pada modul Tcon umumnya juga terdapat IC LDO untuk menurunkan tegangan 3.3v menjadi 1.8/1.2v
• IC Timing Control. 
Berfungsi untuk memproses data gambar RGB LVDS (analog) dari mainboard menjadi data gambar RGB (digital) yang cocok untuk diumpankan ke panel kaca. Input data gambar LVDS merupakan data gambar RGB dan sinyal sinkronisasi Horisontal/Vertikal. 
Output IC Timing adalah :
  1. Sinyal data gambar diumpankan ke panel kaca lewat COF data gambar yg biasa ada di atas atau kadang dibawah panel kaca. 
  2. Pulsa-pulsa Timing untuk Gate Driver dg nama2 seperti misalnya OE, CPV, CKV dll. 
Pulsa-pulsa Timing diinputkan ke ic Level Shifter. Untuk panel pakai kupingan pulsa-pulsa diinputkan ke kupingan, sebab  Level Shifter ada di kupingan.

Timing Control mendapat tegangan Vdd 3.3v.
• IC Level Shifter. 
Berfungsi untuk merubah LEVEL tegangan sinyal Timing dari is Timing Control masih rendah ( 3.3v) menjadi sinyal dengan level tegangan yang tinggi (antara Vgl – Vgh). 

Pulsa-pulsa level tegangan tinggi untuk Gate driver ini pada panel Samsung/China misalnya dinamakan Ckv, Ckvb, STV. Pada panel AUO dinamakan Lc, Hc. Pada panel LG dinamakan Clk1 ~ Clk6. 
Pulsa-pulsa ini diumpankan kepanel kaca lewat dua arah,  ke kanan-kiri panel dalam kaca secara 
sinkron. Klo kanan kiri tidak sinkron biasanya akan menyebabkan gambar getar/double, dimana solusinya yang sering dilakukan adalah cut kiri atau kanan.
Level Shifter mendapat tegangan Vgh dan Vgl.
 

• IC Gamma. 
Berfungsi untuk membangkitkan sederetan tegangan-tegangan Gamma, yang mempunyai deretan tegangan semacam tangga, sebagai tegangan referensi untuk mengatur linearitas gambar. Tegangan-tegangan Gamma bersama V.com diinputkan ke panel kaca lewat COF yang ada diatas atau kadang dibawah layar kaca.
IC Gamma mendapat tegangan AVdd.
Beberapa macam Tcon nampak berbeda, hal ini karena :
• IC Multi Psu, IC Timing, IC Level Shifter jadi satu kesatuan. Misal BD8193 pada panel Samsung.
• Walaupun jarang. Aga tipe panel dimana ic gamma terdapat dalam COF data gambar
• Panel dengan kuping. IC Level Shifter ada di  kupingnya. Karena itu kupingan memerlukan tegangan2 Vcc 3.3v, Vgh, Vgl
• Pabrikan panel yg besar adalah Samsung, Chimei, LG, AUO, Sharp. Mereka saling berlomba/bersaing dalam menciptakan teknologi panel. Karena itu cara kerjanya masing2 ada perbedaan (banyak teknisi yang berpikir semua panel sama)

Post a Comment for "Memahami Tcon Dan Fungsinya"