Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Listrik jeglek saat TV di colokan



Listrik selalu jeglek saat TV di colokan padahal Komponen TV semua Normal. Perlu dipahami Pada semua Power supply TV CRT merupakan beban “kapasitive” Artinya disini tegangan listrik AC yang masuk ke TV setelah masuk lewat diode bridge sebagai penyearah menjadi tegangan DC, dipakai untuk mengisi elko 400v.

Saat dicolokkan pertama kali dimana elko masih dalam kondisi kosong, maka ARUS PENGISIAN elko membutuhkan ARUS tarikan awal yg besar. dan itu masih ditambah lagi arus beban DEGAUSING yang juga bekerja saat listrik di colokkan pertama kali…….Makin besar nilai elko 400v maka makin besar arus tarikan awal. itulah yg menyebabkan listrik rumah jika hanya 450w (NCB hanya 2A) maka NCB Jeglek (gak kuat). Apalagi klo ada beban lain seperti kulkas, mecigcom, dll.

Untuk mengatasi problem diatas…..maka dipasang Resistor  yg berfungsi untuk MEMBATASI arus tarikan awal pada saat listrik dicolokkan. Resistor seperti ini dinamakan SOFT START TV jaman dulu Resistor soft start setelah TV nyala, kadang langsung di short-kan pakai sebuah relay. Dengan tujuan Resistor tidak bekerja lagi ketika TV sudah nyala (R tidak panas) 

TV Jadul umumnya masih memakai Resistor kapur. Tapi sekarang sudah ada komponen yang dinamakan NTC. NTC pd saat awal masih dingin punya sifat seperti Resistor kapur, yaitu mempunyai tahanan untuk membatasi arus pengisian elko. Tapi setelah TV menyala NTC nilai resistansinya akan berubah “mengecil” sehingga seakan-akan tidak ada Resistornya lagi.





Inilah kelebihan NTC dibanding Resistor kapur. Resistor kapur pada saat TV nyala masih tetap punya resistansinya, sehingga Resistor menjadi panas, dan makan tegangan beda dengan NTC karena NTC setelah TV menyala tidak makan strum lagi. NTC juga lebih simple lebih mudah cara pemasangannya.  NTC dijual di pasaran dengan macam2 ukuran. Seperti 10, 15. 20, 30 Ohm. Makin besar nilai NTC makin kecil tarikan awal tapi akibatnya degaussing kemampuannya jadi turun.

Untuk TV layar 29 keatas untuk mengurangi tarikan awal kadang pada Degausing dipasang Relay. Ini tujuannya agar kerja degaussing “ditunda” beberapa detik jangan barengan sama tarikan awal elko. Dengan demikian tarikan awat TV bisa berkurang. Jadi pemakaian Resistor kapur utk soft start dapat dikatakan ketinggalan jaman, pemasangan juga ribet.

Kalau TV sudah ada NTC tinggal ganti aja dengan NTC yg nilainya lebih besar. Atau NTC ditambah satu lagi dipasang seri dengan yang lama. untuk mensiasaati lisrik supaya tidak jeglek.


Post a Comment for "Listrik jeglek saat TV di colokan"