Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kulkas dihidupkan beberapa menit listrik ngetrip

Kulkas dihidupkan beberapa menit listrik ngetrip. Sobat brantazena.com mungkin mengalami hal seperti itu dimana saat menghidupkan kulkas terlihat normal namun setelah beberapa saat tiba-tiba listrik ngetrip atau jeglek, dan setelah MCB di ON kan lagi tak lama ngetrip lagi, sebenarnya hal ini bisa saja karena beban pemakian listrik sudah diluar kapasitas daya, misal untuk listrik golongan rumah tangga yang hanya 450VA tapi untuk kebutuhan strika, memasak, pompa air, mesin cuci, lampu, TV dan kulkas secara bersamaan tentu saja MCB akan ngetrip karena bebannya sudah diluar kapasitas 450VA,



Namun jika pemakain di rasa belum melebihi kapasitas daya listrik di rumah, tapi MCB tetap ngetrip saat menghidupkan kulkas ada kemungkinan memang kulkasnya yang bermasalah, apalagi jika sebelum-sebelumnya tidak mengalami hal demikian, namun sobat tidak perlu panik dan buru-buru memanggil tukang servis siapa tahu setelah membaca artikel ini permasalahan Kulkas dihidupkan beberapa menit listrik ngetrip Bisa teratasi. Untuk itu silakan simak artikel ini sampai selesai agar bisa melakukan pemeriksaan sendiri dirumah.

Umumnya bila peralatan elektronik seperti kulkas dihidupkan dalam kondisi normal dan beban pemakain tidak melebihi daya listrik dirumah maka tidak akan ngetrip, lalu kenapa listrik jadi ngetrip, ini ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya tidak bisa langsung divonis tanpa dilakukan pengecekan terlebih dahulu, dan untuk itu wajib diketahui bagi sobat semua bahwa listrik ngetrip tadi secara kotan atau berselang beberapa menit kemudian setelah kulkas dihidupkan.

Bila listrik secara kontan langsung ngetrikp saat kulkas dihidupkan patut dicurigai ini ada hubungan pendek arus listrik, yang penyebanya bisa di fitting lampu, atau pada kabel yang terkelupas, atau bahkan bisa saja karena kompresor rusak.

Dan jika listrik ngetrip beberapa menit saat kulkas dihidupkan ada kemungkinan beban amper naik secara signifikan ini bisa karena ada kebocoran air baik itu pada kabel AC yang terkelupas atau masuk pada sambungan isolasi/lasdop atau bisa juga pada fitting lampu,

Untuk kuklas dua pintu priksa juga sambungan kabel di Thermofuse, Fan, timer siapa tahu ada yang terkelupas, atau isolasi/lasdop yang kurang baik dan terkena air sehingga menyebabkan listrik tidak berselang lama langsung ngetrip atau bisa juga karena timer sudah rusak.


Baca juga : Cara Mudah mengatasi mesin cuci front Loading air keluar terus dipembuangan

Kemungkinan berikutnya bisa juga karena overload tidak bekerja sehingga kompresor hidup terus-menerus sekalipun temperatur naik. (panas) dan beban hantar listrik berlebihan.

Karena beban berlebihan itulah yang menyebabkan MCB ngetrip, bahkan bila Kompresor yang hidup terus menerus  karena Overload dan relay rusak jika tidak segera di ganti bisa merusak kompresor,

Apa itu Overload

Gambar : Overload

Overload adalah sebuah komponen yang cukup penting yang berada pada mesin pendingin seperti freezer, kulkas, showcase atau jenis mesin pendingin lainnya. Cara kerja overload untuk memutus aliran listrik secara otomatis yang menuju ke kompresor apabila kompresor mengalami beban arus listrik yang berlebihan bisa merusak lilitan motor dalam kompresor atau kebakar.  

Untuk memastikan bagian mana yang bermasalah sobat bisa melepas PTC relay yang menempel dibagian kompresor, caranya lepas kancing di tutup PTC bisa dengan obeng, tang atau pinset kancing pada penutup dan lepas relay dari kompresor,

Setelah relay tidak terhubung ke kompresor coba kulkas hidupkan lagi tunggu beberapa menit jika lampu kulkas tetap menyala dan listrik tidak ngetrip ada kemungkinan overload memang sudah rusak,

Ciri-ciri overload rusak

  • Kompresor hidup terus-menerus
  • Lampu kulkas menyala tapi Kulkas tidak dingin karena kompresor tidak bekerja atau mati
  • Terdengar suara cetak-cetik terus menerus,
  • Ciri-ciri lain jika overload di lepas digoyang-goyang terdengar ada benda yang lepas didalam (kocak)


Jika overload dalam keadaan normal biasanya dalam waktu - + 30 menit kompresor akan mati secara otomatis dan saat suhu kompresor sudah dingin maka akan hidup kembali.

Cara menganti overload

Cara menganti overload kulkas cukup mudah,  overload terletak pada body kompresor biasanya menepel dibagian samping, lepas pengancing tutupnya dengan tang atau dengan ujung obeng setelah terlepas, sebelum melepas overload lepas dulu PTC/relaynya yang dibawah supaya memudahkan melepas overloadnya.
setelah keduanya terlepas tinggal menganti overload yang baru tentunya dengan ukuran yang sama, jika dirasa PTC masih bagus sobat cukup menganti Overloadnya saja namun jika ingin menganti kedua duannya dengan yang baru malah lebih bagus.

Setelah overload dan PTC relay terpasang silakan coba hidupkan kulkasnya tunggu beberapa saat jika listrik tidak lagi ngetrip dan setelah - + 30 menit terdengar kompresor mati dan setelah dingin hidup lagi berarti sobat telah berhasil,


Penutup

Sampailah di penghujung pembahasan tentang cara mengatasi Kulkas dihidupkan beberapa menit listrik ngetrip semoga bermanfaat, ketemu lagi di artikel berikutnya selamat mencoba.
 

Post a Comment for "Kulkas dihidupkan beberapa menit listrik ngetrip"