Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Flash STB matrix Apple HD merah

Cara Flash STB matrix Apple HD merah, kali ini sebuah STB (Set Top Box) Matrix DVB-T2 mogok, di layar display hanya muncul tulisan Boot tidak bergerak sementara dilayar TV hanya muncul logo Matrix sudah di pencet-pencet pada panel dan remot juga tidak ada reaksi sama sekali, artinya STB  tidak bisa masuk ke tampilan, kasus seperti ini ada dua kemungkinan yaitu bisa karena rusak pada hardware bisa juga karena software, lalu bagaimana cara mengatasinya, cukup mudah sobat tidak perlu kawatir brantazena.com akan memberikan beberapa panduan cara untuk mengatasi STB mentok di logo seperti ini salah satunya dengan Cara Flash STB matrix Apple HD merah namun sebelum langsung melakukan flash firwmare ada beberapa langkah yang perlu dilakukan dan silakan disimak sampai selesai agar kasus STB matrix sobat bisa teratasi,
 
Gambar : STB tidak bisa masuk ke tampilan channel TV

Pemeriksaan tegangan pada STB Matrix aplle HD

Pertama-tama silakan buka casing STB sobat dan lakukan pemeriksaan tegangan terlebih dahulu pastikan semua tegangan harus ada, bila ada kapasitor yang melembung silakan ganti dulu dengan nilai yang sama, dan pastikan IC utama tidak terjadi overhead, Kemudian lepas IC eprom pada Mb STB  matrix Apple merah sobat, kode IC pada MB U1. Namun perhatikan dulu posisi IC supaya nanti saat pemasangan kembali tidak terbalik atau salah. Atau sobat bisa foto dulu.

Baca juga : Cara flash Eeprom TV Dengan CH341A

Bahan untuk Flash IC Eprom STB Matrix apple HD

Langkah berikutnya siapkan dulu bahan-bahan yang di perlukan untuk melakukan flash IC Eprom STB Matrix apple HD

  1. Laptop atau PC
  2. USB Programmer CH341a
  3. Driver USB Programmer CH341a jika belum punya silakan download pada link yang sudah kami siapkan dibawah.
  4. Software Programmer CH341a Versi terbaru linknya ada dibawah.
  5. Firmware STB Matrix apple HD merah


Langkah Flash STB matrix Apple HD merah

Jika bahan-bahan di atas semua sudah siap maka proses flashing bisa langsung dimulai dan caranya sebagai berikut;

  • Driver, dan software Programmer CH341a, yang sudah di download tadi silakan di extract dulu seperti biasa,
  • Install driver USB Programmer di laptop atau PC sobat, jika sebelumnya sobat sudah menginstallnya maka bisa dilewati sesi ini,
  • Buka folder software programmer CH341a hasil extract tadi
  • Kemudian cari file Software CH341 V_1.1.1.33 gak perlu di install langsung klik aja 2 kali maka akan muncul tampilan software Ch341a seperti dibawah ini
Gambar : Tangkapan layar software programmer ch341 versi 1.1.1.33

Cara Flash STB matrix Apple HD merah

Sementara kita beralih pada IC eprom STB matrix Apple HD merah yang sudah dilepas tadi, IC yang sudah dilepas dari MB tadi silakan di solder di USB Programmer ch341a dengan posisi atau letak jangan sampai terbalik acuannya ada pada kode titik di ic seperti dibawah ini;

Gambar : USB Programmer ch341a


  1. Kemudian tancapkan Usb Programmer yang sudah di pasang IC tadi,
  2. Pada Software CH341 V_1.1.1.33 silakan kilk pada “Detect chip” untuk membaca secara otomatis seri IC pada Usb.
  3. Berikutnya silakan klik “read data from chip” tunggu sampai data muncul di sotfware ch341 programmer,
  4. Data yang sudah muncul tadi silakan dihapus dulu, atau kalau ragu silakan di save ke laptop atau PC sobat, jika sudah tersimpan silakan klik “Erase chip” untuk menghapus. 
  5. Selanjutnya silakan klik “open file” cara file firmware STB matrix apple HD ekstensi Bin yang sobat download tadi.
  6. Klik dua kali atau klik open pada firmware untuk memasukan ke software ch341
  7. Jika file sudah muncul di tampilan software programmerch341 langsung klik “write chip” untuk memasukan file ke dalam ic eprom, dan tunggu sampai proses flash ini selesai.
  8. Terakhir, jika proses flash sudah selesai Usb programmer jangan langsung di cabut, silakan klik “Verify chip data with window data” untuk verifikasi jika flash berhasil maka akan muncul kode-kode aneh di tampilan software programmer namun jika masih kosong berarti proses flash belum berhasil, dan sobat bisa mengulangi lagi dari step ke 2. Dan pastikan semua pin IC sudah tersolder dengan benar dan semua menempel.

Jika proses flash sobat sudah berhasil silakan IC di pasang kembali ke MB dengan posisi seperti semua dan hidupkan STBnya, pada tampilan awal akan muncul setting bahasa lokasi dsb, lakukan setting seperti biasa dan tunggu sampai auto search selesai.

Download bahan-bahan Flash STB matrix Apple HD merah

Semoga uraian ini bisa membantu Cara Flash STB matrix Apple HD merah milik sobat, selamat mencoba semoga berhasil, jangan lupa follow brantazena.com untuk mendapat update artikel-artikel berikutnya.



 


Post a Comment for "Cara Flash STB matrix Apple HD merah"